Kamis, 16 April 2015

Lakuin ini Biar Nggak Ketipu Terong-Terongan

Standard
Baru-baru ini gue dapat followers instagram baru, username-nya @giskaanindyaputri. Yang cowok, boleh cek langsung. Bae-bae, jauhin tangan dari sabun. Celana juga iket yang kenceng, pake tambang biar nggak melorot. Jangan sampai anda lemas detik ini juga!

Nih, gue langsung kasih liat fotonya buat yang koneksi hapenya lemot. *wudhu*


Ini masih belum ada apa-apanya, masih banyak foto yang lebih ekstrim.

Awalnya, cewek ini nge-follow instagram gue. Follower-nya 6000 biji, sampai di sini, gue masih santai-santai aja. Mungkin dia temennya temen gue, kebetulan temen gue ini eksis juga di media sosial. Dan dia pun di-followback sama temen gue itu. Akhirnya, gue ikutan followback.

Sesaat setelahnya, tiba-tiba dia nge-add Line, dan nge-chat gue langsung. Sampai di sini, gue udah mulai curiga. Gue tanya temen gue. Dia bilang, akunnya asli (karena temen gue ini juga nge-followback karena temen-temennya pada followback). Tapi gue nggak langsung percaya, gue investigasi segala macem, dan akhirnya... DUAR! Akunnya palsu! Pemilik aslinya orang Filipina!

Anehnya, modus dia ini halus banget. Di Path (menurut temen gue), tiap dia ngepost foto, selalu ada yang komenin dan keliatan 'real' banget. Setelah gue dan temen gue selidiki, ternyata itu semua fake sodara-sodaraaaa. Dia ngontrol semua akun itu.

Gue emang susah ketipu sama modus penipuan dengan tipe seperti ini, soalnya gue udah sering banget ngebongkar akun terong-terongan kayak gini. Tapi kalau orang lain? Orang yang jomblonya udah tahunan? Kemungkinan besar bisa ketipu yang aneh-aneh. Bisa jadi pemerasan segala macem. Orang secantik ini gitu lho yang nge-chat, siapa yang nggak gemeter. Apalagi kalau diliat dari Instagram-nya, meyakinkan banget. Tiap dia ngepost foto yang komen banyak.

Biar kamu nggak ketipu, baik cewek atau cowok, sebelum kamu nyepik atau meladeni sepikannya lebih baik cek n ricek terlebih dahulu. Daripada capek ya kan, nyepik kan juga butuh kalori.

Cara biar tau dia asli atau palsu? Lakuin ini!

Cek Timeline-nya
Coba kamu perhatiin timeline-nya. Ada banyak hal yang bisa dibedain dari cewek-biasa-beneran-cantik dengan cewek imitasi. Di jaman sekarang ini, cewek-biasa-beneran-cantik, jarang ngetwit. Sekalinya ngetwit, mungkin hasil link-an dari Path, Instagram, atau unfollowers. 

Kalau isi timeline-nya ngegalau mulu, sekalinya mention nyepik dan ngegodain orang (biasanya yang followers-nya banyak), itu udah indikasi kalau dia terong-terongan tuh, waspada!

Selain itu juga, coba kamu amati jumlah followers-nya. Yang namanya cewek cantik, followers-nya banyak. Kalau followers-nya dikit, apalagi di jaman sekarang ini di bawah 200, wah, terong-terongan tuh! Trust me! 

Ya meskipun nggak sepenuhnya bisa dibuktiin dari jumlah followers sih. Mungkin ada juga cewek cantik yang followers-nya dikit, di bawah 200. Mungkin.


Cek Mention-nya
Kalau ternyata si cewek cantik itu berfollowers banyak, jangan langsung kesenangan dulu, coba cek mention-nya. Cewek-biasa-beneran-cantik, ehm, mari kita singkat CBBC biar enak, pasti pernah mention-mentionan sama temennya. Kamu search aja akun Twitternya, ada yang mention, nggak? Mention-nya bukan akun bot yang lagi promote akun motivasi, tapi ngobrol. Kalau ada, kamu boleh tenang.

Kalau belum ada, siaga dua!

Cek Feedback Followers-nya
Coba beralih ke Instagram. Cek foto-fotonya. The real CBBC, mau ngepost kuku aja pasti dikomeninnya yang bagus-bagus. "Ih, kukunya cantik deh! Maukk!" padahal bentuknya segitiga.

Kalau foto kuku aja dikomenin, gimana selfie. Yang komen pasti banyak, kayak si @Giskaanindyaputri ini. 

Nah, kalau dia komennya banyak, jangan langsung menyimpulkan kalau dia real. Cek dulu, yang komen siapa. Lelaki haus belaian atau bukan? Yang harus kamu ingat, cewek cantik selalu punya temen-temen yang cantik. Dan temen-temen yang cantik ini, pasti bakalan komen dengan "Ih, cantik banget sih" atau sejenisnya. 

Nggak cuma "Ih, cantik banget sih" aja sih sebenarnya. Bisa juga komen-komen ngeselin kayak, "Cek ig kita sis, ada tank leopard baru lho" semacam gitu lah.

CBBC kenalanmu komennya bersih? Like-nya dikit? Siaga satu!

Cek Tag-an Fotonya
Kalau dulu di Facebook ada Photos of You, di Instagram juga ada. Letaknya di pojok kanan atas buat yang belum tahu.

Nah, kamu klik deh itu. Kalau memang ada tag-an foto dari temannya, berarti dia real!

CBBC kenalanmu nggak ada tag-annya? Waspada!

Resapi Kalimat Ini: "Cewek Cantik Ogah Memulai Duluan"
Yang harus kamu resapi dan tanamkan pada pikiranmu adalah: "Cewek cantik ogah memulai duluan". Lengkapnya, "Cewek cantik ogah memulai duluan apalagi di media sosial". Jangankan cewek cantik, cewek yang biasa aja suka ogah memulai duluan.

Tentu ada pengecualiannya. Cewek cantik mau memulai duluan, asalkan ke orang yang udah dia kenal dan pernah ketemu langsung.

CBBC kenalanmu nge-chat duluan padahal belum kenal dan belum pernah ketemu langsung? Mampuuuuus mampus!

Sadar Diri
Pergilah ke cermin terdekat, lalu tanyakan pada diri sendiri: "Apa mungkin, dengan kondisi wajah seperti ini, cewek cantik mau?".

Kalau kamu sadar wajahmu nggak bagus-bagus amat, dan tiba-tiba ada cewek cantik yang nge-chat, kamu boleh meladeninya, asalkan,... kamu Kiwil. 

Kadar ketampanan seseorang, selalu kalah sama kadar kilogram emas.

Udah banyak banget akun fake yang pernah gue temui. Udah banyak juga yang gue bongkar. Mereka, si CBBC, umumnya agresif. Belum kenal kok udah agresif. Tapi di sisi lain seru banget sih kalau ketemu sama modus-modus kayak gini. Kalau abis ngebongkar, semacam ada kepuasan hati. Jadi serasa kayak detektif.

Buat cewek-cewek yang lagi disepikin cowok ganteng yang belum dikenal juga bisa lho pake cara ini!

Dan buat cowok-cowok yang kenal sama cewek cantik di media sosial, jangan seneng dulu. Jangan sampai kamu ketipu sama terong-terongan yes! Jangan buru-buru nyepik! 

20 komentar:

  1. Nice post.

    Ini postingan terbener yang pernah gue baca di blog lu yang gak bener ini.

    BalasHapus
  2. emang tujuan terong-terongan nyamar jadi cewek cantik apa sih bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak motifnya, bisa penipuan, pemerasan, penculikan, banyak deh..

      Hapus
  3. Buat tahu siapa pelakunya, lu ga bisa ya bang? Soal temen gue sendiri ada yg foto-fotonya di jadiin aku fake gtu. Kan kesiaann :(((

    BalasHapus
  4. Mendingan motif bunga-bunga sih, sat. Daripada motif pemerasan. Ngapain diperas, masukin ke mesin cuci aja udah otomatis kering sendiri.

    BalasHapus
  5. Untung lo gak ketipu ya.
    Lain yang udah berpengalaman :)

    BalasHapus
  6. Fokus cowok jangan ke cewek cantik terus dong, sekali-kali ke cewek baik.

    BalasHapus
  7. Untung aja gue ngga jadi pakai ava cewek!

    BalasHapus
  8. semoga dengan tips ini gue gak kena terong-terongan, wkwkwkw...

    BalasHapus
  9. Terong terongan disini maksud nya bocah bocah warnet yang udah kecanduan dota atau PB ya sat? Yang bingung setelah main game online, mau ngapain lagi, setelah akhir nya dia memutuskan untuk buat akun palsu?

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Apa bedanya dengan "lakuin ini biar nggak ketipu cabe-cabean".

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Mending terong terongan bang, kalo udah terong terongan campur cabe cabeaan? Dower dower tuh mulut yang ladenin, ya gak haha. Postingan bener dari akun rada gabener:v wkwkwk caiaooo

    BalasHapus
  14. Mending terong terongan bang, kalo udah terong terongan campur cabe cabeaan? Dower dower tuh mulut yang ladenin, ya gak haha. Postingan bener dari akun rada gabener:v wkwkwk caiaooo

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Komenin Ya!