Minggu, 12 Januari 2014

Balada Bosan

Standard
Bulan Januari adalah bulannya kampus gue libur panjang. Gue libur dari bulan Desember sampai bulan Februari yang kalau ditotal, jumlah liburan gue sekitar 64 hari atau kurang lebih sekitar 320 adzan solat. Terlihat menarik, bukan? Tentu jawabannya tidak.

Sebagian besar hari libur gue hanya diisi dengan kegiatan yang membosankan. Makan-tidur-bangun makan-tidur-bangun adalah kegiatan yang paling sering gue lakuin pas liburan. Sekali-kali gue pengin banget jalan-jalan, tapi sayangnya gue mempunyai sifat yang kalau gak ada orang yang ngajakin, gue gak akan mau pergi ke tempat tersebut.. kecuali kamar mandi. Tanpa diajak pun gue pasti bakalan rajin buat pergi ke sana.

Gue suka iri sama temen gue yang ngetwit lagi ke sana lah, ke sini lah tapi sama pacar mereka masing-masing. Setiap hari gue ngecekin hape, buka Whatsapp, dan menanti pesan yang bertuliskan, "Sayang, jalan-jalan yuk. Ke mana kek gitu, aku lagi bosen nih, aku juga kangen banget sama kamu." dan gue pun laksana Pangeran berkuda dari Afrika timur membalas dengan, "Iya sayang! Tunggu aku ya! Aku jemput kamu sekarang!" dan diakhiri, "Oke sayang! Heart-heart on the road, ya!" yang ditutup dengan emoticon senyum. Tapi kenyataannya, yang lebih sering nongol di pikiran gue bisikan-bisikan iblis seperti, "Satria, liat deh. Trotoar kosong tuh, kayang gih! Kayang!" atau "Satria, hidupmu sangat hina, sayang. Kamu gak punya pacar. Sangat Hina. Itu ada jurang, kamu harus cepat-cepat mengakhiri hidupmu, Sat. Akhiri. Kamu gak cocok hidup di dunia ini." dan kemudian gue pun terjun dengan damai.

Kebanyakan orang kalau lagi bosen libur, mereka selalu berpikiran kalau lebih baik masuk sekolah atau masuk kuliah, biar bisa main sama temen. Tapi menurut gue? No, big no buat kuliah. Kalau disuruh milih, gue mendingan dikutuk jadi personil Trio Macan, daripada menghadapi perkuliahan para dosen yang tidak berkepritugasan itu. Swear. 

Gue kuliah di jurusan IT. Jurusan yang gue kira kerjaannya cuma ngotak-ngatik komputer, main game, dan kenalan sama cewek cantik bak adegan yang sering gue tonton di FTV-FTV. Tapi kenyataannya, gue malah dihadapkan dengan mata kuliah yang berisikan Integral, Differensial, dan apapun itu yang bersifat hitungan. Full hitungan. 

Kadang (sebenernya sering), ketika gue lagi berada di perkuliahan Kalkulus, gue selalu kepengin berlutut ke lantai, mengepalkan tangan ke atas, dan berteriak ke langit, "BUMI! TELAN AKU SEKARANG! TELAN! AKU TAK SANGGUP HIDUP DI DUNIA INI, BUMI! AKU TAK SANGGUP!" yang diiringi backsound lagu Agnez Monica "Karna ku sanggup.. Walau ku tak mau.. berdiri.......", tapi gue langsung mikir. Mikir kalau rasa-rasanya gak mungkin buat gue ngelakuin hal konyol kayak gitu di kelas. Gue masih banyak cita-cita. Gue gak mau mati muda. Dan gue gak mau mati dalam keadaan nista akibat tusukan benda tumpul. Spidol.

Maka dari itu kalau perkuliahan kelas sudah terasa membosankan, gue suka ngehibur diri sendiri. Gue suka tiba-tiba minjem kalkulator scientific temen gue, dan mempersiapkan beberapa jari gue untuk menekan tombol-tombol yang ada di kalkulator tersebut. Bukan, gue bukan ngotak-ngatik buat ngitung jawaban soal, lebih tepatnya gue melakukan percobaan ilmiah yang sebelumnya belum pernah ahli-ahli Matematika lakuin. Ya, membuat emote "(.)(.)"

Biasanya kalau udah ngebuat emoticon gitu, gue langsung manggil temen-temen dan bilang, "BRO! Mau liat tetek gak?" dan temen gue yang kebanyakan haus akan selangkangan pun bilang, "ANJIR! Mana-mana coba liat! Cepetan! Gede gak gede gak?" dan gue dengan cepat memperlihatkan, "Nih! Gede kan?" 

Gue pun dikeplak.

Tapi lama kelamaan cara kayak gini jadi basi, mereka gak bisa ditipu lagi. Akhirnya gue mencari hal lain yang kira-kira kalau gue lagi bosen, pas melakukan kegiatan tersebut jadi gak bosen. 

Dan akhirnya...

Yak! Gue dapet informasi dari following gue, katanya ada suatu website anak muda (yang pastinya ditulis oleh anak muda), mempunyai konten yang paling beda daripada yang lain, nama website-nya www.nyunyu.com

Pas tau itu gue langsung gercep, gue buka situsnya.. dan ternyata bener! Asmirandah batal kawin! Eh maksudnya, kontennya SERU banget. Ada #MasihSingle lah (yang ini yang paling sering gue buka), ada #PemadamKelaparan lah (isinya informasi tempat makanan enak-enak), dan juga gak ketinggalan, artikel yang berupa tips-tips membantu (ada yang nggak juga sih), tapi dikemas dengan gaya bahasa yang bener-bener asik parah.

Parah Quinn.

Dan gue paling seneng sama slogannya, low-profile banget. Slogannya itu "Yang Penting Nggak Penting". Harusnya kan, "Yang Penting Penting" soalnya situs ini penting banget buat remaja-hilang-arah-haus-akan-hiburan. 

Ya semoga aja ke depannya gue bisa ngusulin gini ke beberapa Dosen gue, "Bu, sekarang gapapa kuliahnya tiga jam full! Walaupun mata kuliah ibu ngebosenin, tapi sekarang saya punya obat bosennya, Bu! www. Nyunyu.com!"

...dan semoga aja setelah bilang kayak gitu, gue masih bisa pulang dengan selamat.

Kalau kalian ngapain aja kalau lagi bosen? Buka Nyunyu.com juga?

38 komentar:

  1. Edyaaaannnnn..... samaaaa beuddd ini Bang Sat !!!...
    Jangan2 kita jodoh dehhh,,, kampus aku libur dari desember sampe febuari. Jurusan kuliah kita juga sama. Teknik Informatika. Dannn aku pun salah jurusan lahhh -__-". Nama kita ampir samaa,, coba nama lo tambahin "ni" jadi Satriani,, waahhh makin mirip ajaa,, cuma keseleo di huruf depan ajaa... Lo Sa, Gue As...
    Walaupun kita banyak kesamaan tapi kita beda jalan. Jadi bye !.

    BalasHapus
  2. gue kalo bosen di kampus ngestalk twitter lo bang. ujung2nya gue laper gara2 ngga ke kantin..

    BalasHapus
  3. gue akan mencoba teori lo bang yang bikin emot pake kalkulator scientific!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke! Buat emote kayak gitu ya! Dan kasih unjuk cowok2!

      Hapus
  4. Kirain jadi anak kuliahan enak liburnya berbulan-bulan. Tapi kok denger cerita lo miris amat yak :((( jadi anak sekolahan yang libur 2 minggu cuma dirumah aja udah CUKUP MEMBOSANKAN apalagi dua bulan? Ibu peri aku harus gimanaa:(((((

    BalasHapus
  5. Ini pasti ikutan blog competition :))

    Eniwei, TI emang gitu. Informatika kan informasi dan matematika *diseriusin* Absurd lo! :D

    BalasHapus
  6. Asli elu miris bgt ya bang, apalagi baca postingan mirisnya pake kuadrat deh. Kenapa bumi gajadi nelen elu sih! Kesian tau, disia2in idup ;(

    BalasHapus
  7. Sempet ngakak 10 haraqat sih tadi pas ngebaca ini. Lucuk, lucuk banget! Sungguh kisah curhatan yang sangat mengharukan, Bang. Lebih mengharukan dari kisah Hachi anak yang tak pernah lelah mencari sendalnya yang hilang itu. Hehehe.. :')

    BalasHapus
  8. Situs nyunyu susah dibuka lewat browser opera mini kenapa kah? Tidak mobile friendly :(

    BalasHapus
  9. Dari berbagai isi blog lu kak, sepertinya lu sudah sangat lelah. Carilah pacar, cari... engap gue liatnya:')

    BalasHapus
  10. sat, ga mau ikutan cari pacar lewat masih single nya nyunyu.com sat? :))

    BalasHapus
  11. kamu lucu deh. eh tapi emang bener kok sat. gue sebagai mahasiswa sastra juga pernah merasakan bosan dan ingin ditelan bumi waktu masuk matakuliah Kritik Teks (teksnya cacarakan). boro2 mengkritisi, baca aja gak bisa. tulisannya kayak 'rumput bergoyang yang tak dipedulikan siapapun' semua. :(
    sempet juga sih mikir mau nikah aja saat itu juga, tapi gue sadar, gimana mau nikah, pacar aja gak punya. udah gitu, kayaknya nyari jodoh lebih sulit daripada menghadapi matakuliah ini. huff.. :((

    btw tulisannya bagus. terus berkarya yaaa.. :')

    BalasHapus
  12. ceritanya ketawa baca ini, tapi...... *semoga lulusnya ga tertahan ka

    BalasHapus
  13. aa' lain kali liburan nya d grogol aja jadi tim sar ngebantuin korban korban kejebak banjir d depan untar yak :)

    BalasHapus
  14. Lo jomblo gue jomblo, berarti kita jo.....

    BalasHapus
  15. Sabar ya ka, hidup memang keras heheh,
    ngomong-ngomong gue juga suka buka nyunyu.com udah jadi member malah,
    paling seneng baca artikel sama kosanyu :D

    BalasHapus
  16. Bang sedih deh cerita *ambil topo lap ingus* tp bisa jadi referensi bang buat mahasiswi PGSD macam gue yg kalo dikelas suka ketiduran krna bosen :)
    Semoga lo bikin blog kreatif macam ini lagi (dengan catatan semoga kuliah lo cepet lulus biar ga kayak komedian sebelah) :D

    BalasHapus
  17. bang gue boleh nyobain ini gak dikelas? :( --> berlutut ke lantai, mengepalkan tangan ke atas, dan berteriak ke langit, "BUMI! TELAN AKU SEKARANG! TELAN! AKU TAK SANGGUP HIDUP DI DUNIA INI, BUMI! AKU TAK SANGGUP!"

    BalasHapus
  18. mikeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee!!!

    BalasHapus

Komenin Ya!