Jumat, 13 Desember 2013

Perjalanan Pertama Manusia ke Bulan

Standard
Kemarin gue nyampe kampus kepagian, dan memang tiap hari selalu berangkat pagi biar gak kena macet. Gue nyampe kampus sekitar jam setengah enam, setengah enam lewat 90 menit. Karena gue ada kuliah sekitar jam sebelasan, akhirnya gue memutuskan buat internetan, ya tujuannya biar gak bosen nunggu.

Tapi ketika gue udah bosen buka Twitter, Youtube, Blogger, dan socmed-socmed lain, gue pun tiba-tiba kepikiran tentang kisahnya para Astronot. Gue langsung searching tentang apa itu Astronot, terus nyari tau tentang kehidupan Astronot yang sebenarnya itu kayak gimana, apakah mereka memakai baju serba ketutup yang dilengkapi dengan oksigen itu benar-benar pergi ke Bulan? Apa jangan-jangan ke dalam laut dan temenan sama busa cuci piring? Cukup banyak link-link di Google yang gue klik, dan yang paling banyak keluar itu ya tentang kisahnya si Neil Amstrong. 

Dari situ gue baru inget kalau ternyata perjalanan manusia ke Bulan itu nggak cuma satu orang aja, tapi tiga orang. Menurut web yang gue baca orang-orang tersebut adalah Neil Amstrong, Buzz Aldrin, dan satunya lagi Collins, gak tau Collins apa, yang jelas bukan Collins Ramadhan. Tapi herannya rata-rata orang di Indonesia kalo ditanya, "Siapa manusia pertama yang menginjakkan kaki ke bulan?" pasti jawabnya cuma Neil Amstrong, ya kan? 

Ini foto mereka,
Gue yang motoin..
Dan foto berikutnya,

Ternyata Astronot itu ke Bulan, bukan ke bawah laut.
Lo pasti pernah ngeliat foto yang ada di atas ini di buku sejarahnya anak sekolahan, dan yang udah-udah biasanya caption-nya gini, "Ini lah foto Neil Amstrong ketika dia menginjakkan kaki pertama kali di Bulan."

Pertanyaannya....

DUA ORANG LAGI KE MANA?

Ini perjalanan bukan kayak dari Bogor ke Sumedang, tapi ke Bulan, jauh ngelewatin beberapa lapisan atmosfer yang kalo roketnya gak kuat bisa-bisa roketnya meledak di tengah-tengah perjalanan. Dan coba lo bayangin deh waktu awal-awal mereka bertiga diutus ke bulan sama NASA, pas jam makan siang mereka lagi makan di warung Padang, trus tiba-tiba ada orang suruhan atasan mereka nyamperin dan bilang, "Neil, Aldrin, Collins, kalian diutus oleh petinggi NASA untuk mengadakan penelitian secara langsung di Bulan tentang fenomena-fenomena yang ada di sana." lalu bayangin ketika Aldrin dan Collins izin pergi sama keluarganya, "Istriku, Oma, Opa, Anakku, Ayah pamit dulu ke Bulan, untuk oma-opa jaga selalu kesehatanmu, untuk anakku, ingat, selalu ingat pesan-pesan dari Ayah, dan untuk istrikku, jaga baik-baik anak kita, jangan pernah pikirkan tentang keadaanku di sana, aku akan baik-baik saja, semua ini demi kemajuan pengetahuan dunia. Aku pergi.." kemudian mereka bergegas naik roket, mereka pergi berminggu-minggu, sesampainya di sana Neil Amstrong keluar bawa-bawa bendera Amerika, nancepin bendera, dan akhirnya....... dia foto cuma sendirian. Coba lo bayangin deh perasaan mereka berdua kayak gimana, udah jauh-jauh ninggalin anak-istri ke Bulan, pas di perjalanan hidupnya tergantung sama ketersediaan makanan, dan ketika udah nyampe sana yang difoto cuma Neil Amstrong doang. Gue bingung, kenapa nggak mereka bertiga aja yang nancepin bendera bareng-bareng terus foto bertiga? Kenapa cuma satu orang doang yang difoto? Kalau menurut gue sesampainya mereka di sana mereka nggak langsung turun roket, tapi gambreng dulu, yang keluar duluan tugasnya difoto, yang keluar kedua tugasnya motoin yang difoto, dan yang terakhir yang paling apes.. ngejagain roket.

Dan coba lo pikirin lagi deh, kenapa harus ngejagain roket? Di Bumi emang banyak yang maling motor, tapi di Bulan mana ada yang maling roket. Emang ada gitu pas roket kita tinggalin, lupa dikunci stang, trus beberapa saat kemudian ada Alien yang bawa kabur roket, Astronot panik, Astronot ngejar-ngejar Alien lalu berteriak, "Alien jangan mencuri.. Alien jangan mencuri.." trus Aliennya berenti dan bilang, "Ohya ampunnnnnn" ?

Nggak ada kan..

Gue mikir gini bukannya apa, lo bayangin, beberapa jam di perjalanan sambil mempertaruhkan nyawa, tapi abis dari sana kebanyakan orang kalo ditanya tentang siapa manusia pertama yang menginjakkan kaki ke bulan jawabnya selalu Neil Amstrong.

Pahit, sungguh pahit. Collins, Aldrin, sabar ya, gue tau kok apa yang lo rasain. Gue bener-bener tau banget rasanya nggak dianggep itu kayak gimana..

36 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. sat gue boleh ketawa gak abis baca ini :D hahaha

    kasian juga yah mereka, oke deh abis ini bakal gue inget :D

    BalasHapus
  3. sakit loh ga dianggap :''3

    BalasHapus
  4. Katakata terakhirnya itu loh..... sakit banget gak dianggep.... :''""""""""

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Bentar dek, sekilo lagi, ada marinir lagi joging, gak bisa berenti..

      Hapus
    2. yaudeh ikut abangnya pulang aja deh (?)

      Hapus
  6. Kepikiran aja sih bang ttg Astronot hahaha. Keren keren:D

    BalasHapus
  7. anjir ah bang sat!!!!!=)))) kaya lu ya bang ga pernah dianggep

    BalasHapus
  8. hahaha.. itu kata-kata yang terakhir kok gitu amat bang?? X((((

    BalasHapus
  9. Keren sih elu bang bisa kepikiran sampe situ, saking ga ada yg bisa buat dipikirin sih yaak:''))

    BalasHapus
  10. Gue serius bacaaaaa, terakhirnya BANGKEK banget sat! hahahaha

    BalasHapus
  11. taek lu sat, ga ditwitter ga diblog sama aja, sama-sama lucu. tapi klo lucu didunia maya belum tentu juga sih lucu di dunia nyata..

    BalasHapus
  12. sat follback twit gue donk sat.. @ramadandii ya.. klo lu ga follback ntar apa perlu gue ngemis gitu ke tab mention lu. ga kan? :D

    BalasHapus
  13. taik bisa bisanya..Lo motoin foto mereka pake camera360 ape cymera?

    BalasHapus
  14. PARAH!!!!! ga dianggep parah;->

    BalasHapus
  15. Karena yang pertama akan selalu diingat bang

    BalasHapus
  16. lu pernah bang ga dianggep? emang lo pernah terbang ke bulan?

    BalasHapus
  17. bang itu kalimat terakhir semacam curhat deh hahahaha

    BalasHapus

Komenin Ya!